NAMA PEMBUAT

  1. AHMAD SYABAN
  2. IVAN ALWAFI



USAHA dan ENERGI

Energi

Merupakan sesuatu yang amat dibutuhkan oleh tubuh manusia   supaya dapat melakukan suatu pekerjaan bisnis, karena pada keyataannya, usaha yang dilakukan selalu nampak perubahan dan kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya mendorong / memindahkan sebuah benda atau objek.Satuan untuk mengukur energi aadalah joule (J).
             
              Macam-Macam Bentuk Energi

Energi Listrik
Energi listrik ini timbul jika adanya perpindahan muatan listrik. Listrik adalah salah satu bentuk energi terbesar dan paling banyak digunakan, karena kita selalu membutuhkan listrik setiap harinya. Contohnya untuk menghidupkan lampu, memasak nasi, menyetrika pakaian dll.

Energi Mekanik 

merupakan bentuk energi yang berkaitan dengan gerak. Nah, kedua tipe energi diatas yakni Energi Kinetik dan Energi Potensial merupakan bagian dari Energi Mekanik.



Energi Cahaya
Salah satu energi cahaya terbesar adalah matahari, matahari merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Cahayanya sangat diperlukan agar tumbuhan dapat hidup dengan baik untuk melakukan proses fotosintesis.

Energi Kinetik
Energi kinetik merupakan energi yang dihasilkan oleh sebuah benda ataupun objek yang bergerak. contohnya adalah baling-baling kipas, sebuah mobil yang bergerak yang menghasilkan hembusan angin ataupun bola yang ditendang yang dapat memecahkan kaca.

EK= Energi Kinetik benda (Joule)
M= massa benda (kg)
V= kecepatan benda (m/s2)
W= Usaha yang dilakukan benda (Joule)


Energi Potensial
Energi potensial merupakan sebuah energi yang dimiliki oleh benda karena letak atau kedudukan benda tersebut. Sebuah benda atau objek yang letaknya di atas permukaan Bumi maka memiliki energi potensial karena adanya gaya gravitasi Bumi. Contohnya adalah buah jeruk yang tergantung di pohonnya.



Energi Nuklir
Adapun energi nuklir biasanya terjadi karena adanya reaksi fusi didalam atom & unsur radioaktif seperti uranium. Energi nuklir ini dimanfaatkan sebagai sumber energi pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Energi Bunyi
Energi bunyi merupakan energi yang dihasilkan oleh getaran atau gesekan sebuah benda. Seperti contoh senar gitar yang dipetik, gendang yang dipukul. Terjadinya sebuah bunyi yang dihasilkan membuat kita mendengarkan sesuatu yang menggetarkan gendang telinga kita, dan apabila bunyi yang dihasilkan sangat keras seperti suara halilintar itu mampu menghancurkan sebuah kaca.

Energi Kimia
Jika anda mempunyai mainan mobil-mobilan yang digerakkan oleh remot kontrol, maka anda sudah menggunakan salah satu energi kimia. Baterai yang terdapat didalam remot kontrol tersebut adalah salah satu bentuk energi kimia. Karena batu baterai memiliki beberapa komponen yang mampu menghasilkan sebuah energi. Beberapa contoh lain dari energi kimia antara lain kayu bakar dan bahan bakar minyak.

Energi Kalor
Energi Kalor atau energi panas ini bisa terjadi atau bisa dihasilkan dari energi listrik. Contohnya pada setrika listri dan Solder listrik.

Energi Otot
Energi otot merupakan energi yang berasal dari tubuh manusia. Manusia yang melakukan pergerakan dari organ tubuhnya maka akan menghasilkan energi. Contohnya ketika manusia sedang mengangkat sebuah beban. Beban yang terangkat itu karena manusia memiliki energi yang dihasilkan dari otot.

USAHA

Pengertian usaha secara umum menurut fisika adalah adalah perubahan energi. Sedangkan pengertian usaha adalah perkalian gaya yang segaris dengan perpindahan dan besar perpindahan itu pengertian usaha khusus untuk gerak.
Dalam fisika, rumus usaha adalah:
W = F.s (F = Gaya dan s = Perpindahan)
Satuan usaha adalah N.m atau joule, untuk menghormati James Prescott Joule (1818 – 1889).

W = F. s

                                   W = F cos α . s = F s cos α

W = Usaha yang dilakukan (Joule)
 F = Gaya yang diberikan (N)
 x = jarak perpindahan objek (m)

Syarat Terjadinya Usaha
1. Adanya gaya yang bekerja pada suatu benda.
2. Adanya perpindahan yang dialami.



Contoh usaha dan energi

Seorang TKJ sedang mengangkat Sebuah monitor. Orang TKJ tersebut mengangkat monitor yang mula-mula terletak di ruang server hingga berada di kelas network . Gaya yang diberikan oleh orang tkj tersebut pada monitor menyebabkan monitor dapat berpindah (berubah ketinggiannya). Adanya gaya yang diberikan oleh orang TKJ itu kepada monitor sehingga monitor dapat berpindah menunjukkan adanya usaha yang diberikan oleh orang TKJ tersebut kepada monitor.
sedangkan energi yang ditangkap dari orang TKJ pada monitor adalah Energi Potensial dan energi otot . alasannya tersebut perubahan benda karena letak/kedudukan dan energi yang dihasilkan dari otot manusia.

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH PERKEMBANGAN LINUX DAN DEBIAN DARI MASA KE MASA DAN LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT DEBIAN

PENGERTIAN, SEJARAH DAN LATAR BELAKANG WINDOWS 10,DAN LANGKAH LANGKAH NYA